Parfum

IMG_20150505_004413 Aku dari kecil suka parfum. Masih ingat, jaman TK aja aku udah suka milih-milih cologne sendiri… cologne bayi tentunya…. Jaman SD dan SMP aku suka nyoba-nyoba parfum punya mama, juga udah punya beberapa parfumku sendiri… Electric Youth dari Debbie Gibson? One of the first celebrity perfume? Ada yang pernah pake gak?

Nah, kalo jaman SMA, itu jaman pencerahan buatku. Waktu itu mama rajin beli perfume coffret… box-box cantik berisi beberapa parfum miniatur…. Yang aku ingat, ada perfume coffret Dior, Estee Lauder, Ralph Lauren, YSL, dan masih ada beberapa lainnya yang aku lupa. Setiap hari, ritual sebelum berangkat sekolah itu milih-milih parfum. Kalo udah dapet, langsung deh, pake, lalu kantongin itu botol parfum miniatur, buat touch up di sekolah. Teruntuk teman-teman SMA-ku, maaf ya, kalo dulu ada yang mabok kena bau parfumku… hehee…..

Kemarin iseng-iseng aku buka fragrantica.com, online perfume encyclopedia… Yang suka parfum pasti tau kan website ini? Kalo gak tau, coba lihat deh. So far, Ada 30.424 parfum yang dibahas di sana, dengan lebih dari 469.990 review.

Aku lihat my perfume wardrobe. Ternyata nih… ada total 45 parfum yang aku punya, pernah punya atau udah coba… 45 parfum itu yang aku ingat. Masih ada banyak lagi yang aku pernah coba, tapi udah lupa wanginya.

Baca-baca tentang parfum jadul, berasa nyium wangi parfum jadul itu beneran, terus berasa balik ke masa lalu….

Aku baca tentang Rive Gauche-nya YSL, bisa bayangin wanginya yang tajam, aromatik dan metalik… Lalu aku balik umur lima tahun lagi… duduk di pinggir tempat tidur, liatin mama yang lagi dandan…. Itu cuma baca, apalagi beneran nyium wanginya. Kemarin dapat sample parfum Mure et Musc punya L’Artisan Parfumeur, pas aku coba…. berasa dilempar balik ke Versailles, Prancis, di siang hari yang panas dan kering, Agustus 2001…. Menyusuri jalanan kota yang lengang… ada toko kecil dengan dinding serba hitam… aku masuk…

“Vous voulez essayer ce parfum?”

“Oui… Aaah, c’est beau… Qu’est-ce que c’est?”

“Mure et Musc, L’Artisan Parfumeur.”

*le sigh*

Jadi terinspirasi nulis review parfum nih.

Sooo… yang suka parfum, sering-sering mampir yaa!

7 thoughts on “Parfum

  1. aku juga suka parfum Mak. Tapi berhubung parfum termasuk barang mahal, ya cari diskonan, cari yang murah dsb. Ah, beruntungnya dirimu, dari keil sudah kenal parfum 🙂

    Like

  2. Pingback: Blue Agava and Cacao Cologne by Jo Malone | Citrasavitri

Leave a comment